Posted by: wiwit prasetyono | June 16, 2011

7 Danau Terindah di Sumatera

Sebuah situs wisata global telah merilis 12 Danau Terindah di dunia versi mereka, berikut akan saya hadirkan 7 danau terindah di Sumatera yang saya kunjungi selama menempuh perjalanan Trans-Sumatera.

DANAU RANAU

OKU Selatan (21/1): Danau Ranau. Wiwitto-Trans Sumatera


Disebut-sebut sebagai Danau Terbesar kedua di Sumatera yang letaknya di perbatasan Provinsi Lampung dan Sumatera Selatan. Selain terkenal dengan hasil ikannya yang melimpah, Pemda Lampung Barat dan Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan berlomba mengelola danau ini sebagai daerah tujuan wisata. Salah satu resortnya yang terkenal bernama Lombok, milik Pemda Lampung Barat.

DANAU RAKIHAN

OKU Selatan (22/1) - Danau Rakihan. Wiwitto-Trans Sumatera


Tidak terlalu besar dan tidak banyak orang yang tahu tentang danau ini. Pun demikian danau alami ini sangat istimewa karena tidak ada sungai besar di sekitarnya yang mengalirkan airnya dengan deras. Walhasil gerak airnya sangat tenang dan warnanya sedikit pekat. Terletak di Kecamatan Sindang Danau, OKUS-Sumsel, yang merupakan tanah kelahiran politisi PPP, Ali Marwan Hanan (Mantan menteri Koperasi RI). Di lereng danau saat ini didirikan sebuah Pondok Pesantren, atas nama beliau, untuk menyemangati anak-anak di daerah terisolir untuk terus maju.

DANAU KERINCI

Sungai Penuh (4/2) Danau Kerinci. Wiwito-Trans Sumatera


Dibandingkan danau lain yang lebih menyerupai kuali, Danau Kerinci memiliki permukaan datar hampir rata dengan tanah di tepinya. Terdapat sawah membentang lebar di tepian danau yang konon merupakan pemasok beras utama di Provinsi Jambi. Mengunjungi danau di pagi hari, apabila beruntung, akan menjumpai gerombolan bangau putih yang terbang dan mencari makan di persawahan.

DANAU MANINJAU

Agam (9/2) DANAU MANINJAU - Wiwitto. Trans Sumatera


Satu dari sekian banyak danau menawan di Sumatera Barat. Untuk mencapainya, pengunjung bisa melewati jalan legendaris yang terkenal dengan nama “Kelok 44” (dibaca: Kelok Ampek Puluah Ampek). Banyak homestay menarik bagi wisatawan di Nagari Bayur yang menjadi setting novel best seller “Negeri Lima Menara”.

DANAU TOBA

Samosir (14/2) Danau Toba . Wiwitto-Trans Sumatera


Merupakan danau terbesar di Indonesia sekaligus di Asia Tenggara. Terbentuk karena letusan vulkanis Gunung Toba Purba yang konon menghancurkan kehidupan di Atlantis. Mengunjungi Danau Toba tidak lengkap tanpa singgah ke Pulau Samosir yang terletak di tengahnya. Banyak atraksi menarik terkait kebudayaan Batak, termasuk pengamen-pengamennya yang bersuara emas.

DANAU LAUT TAWAR

Takengon (16/2) - DANAU LAUT TAWAR. Wiwitto-Trans Sumatera


Letaknya di gugusan Dataran Tinggi Gayo yang terkenal sebagai penghasil kopi. Tidak heran hawa sejuknya menambah suasana tenang apabila berada di sana. Ada 3 buah titik kunjungan di pinggir-pinggir danau yang disediakan sebagai taman bermain dan pemandian air panas alami.

DANAU ANEUK LAOT

Sabang. Danau Aneuk Laot. Hack87-http://tinyurl.com/5rpgq9z


Lokasinya adalah di Pulau Weh, tempat yang dijadikan sebagai ujung paling utara Indonesia. Pengunjung langsung bisa menikmati danau itu selepas meninggalkan Pelabuhan Balohan menuju destinasi wisata menarik di Kota Sabang. Diantaranya adalah snorkling dan diving spot, goa, kuburan dan benteng peninggalan Jepang serta air terjun yang menawan.

Demikian, danau-danau terindah yang saya kunjungi selama perjalanan Trans-Sumatera. Tentu masih ada banyak danau cantik lainnya seperti Danau Singkarak, Danau di Ateh (Sumbar), Danau Sipin (Jambi), dan Danau Dendam (Bengkulu). Danau yang saya sebutkan terakhir belum sempat saya kunjungi. Bisa jadi, mungkin masih ada danau kecil lainnya yang tertutup hutan dan belum nampak oleh pandangan manusia. Indonesia memang luar biasa. Tanahku tak kulupakan, engkau kubanggakan!

Advertisements

Responses

  1. ngga mau komen buat tulisan yang ini. ngga mauuuu.
    *melengos pergi sambil sirik*

  2. terimakasih sudah mengajak saya jalan-jalan ke pulau sumatera nan indah permai dengan danau-danaunya yang cantik…. kapan yo bisa ke sana beneran

  3. wah Aceh masuk dua danau ternyata…

    salam kenal mas, ini gak salah lagi ya πŸ™‚

    • Saya pinjem foto Aneuk Laotnya yaa Mas?! Kemaren niatnya mau ambil gambar pas perjalanan pulang, eee waktu itu harus ngejar jadwal kapal dan gak sempet lagi. Bravo Aceh!

  4. kowe ki apdet nya panjang panjang yaaa… niat bangeeeet.. bisa jadi paper ini wit hahaha…

    • Itu namanya “positioning” Fickry! Dah buanyak yang pajang foto2 indah, sementara punyaku hanya pocket camera. Dah buanyak cerita-cerita gokil sementara I’m not that into it. Jadi, selamat datang ke dunia yang menghadirkan hidden story yang bisa dilacak secara akademis! Dan satu hal: inspirational πŸ˜€

  5. thanks a lot

  6. fickry ki lo blogger murtad..dulu nge blog nya panjang n niaaat…skrg jarang lagi… fikri berubah 😦

  7. salam kenal mas wiwit.. cerita-ceritanya n foto-fotonya mantab punya..

    dan selamat udah jadi top 10 d’traveler periode juni 2011.

    • Terimakasih sudah mampir Mas! Salam kenal juga…
      Waah pertama kali buka blog-nya fotonya ajiiiib. Ditunggu terus cerita-cerita serunya :))

  8. mas.5th yg lalu aku jd anak2 askadol..di dengkeng…anake pak rt.panya 2 gingsul….
    forum askadol eneng ra mas??

  9. ternyata di sumatera terdapat pulau* yg indah jga ya πŸ™‚

  10. danau yg indah… πŸ™‚

  11. Kenangan indah dimasa lalu lagisekolah di maninjau

  12. pelestarian cagar budaya adalah salah satu sumbangan kita kepada negara tercinta. indahnya alam menghilang jenu kepada rutinitas kita, mengembalikan kepada kesadaran semula. aku suka keindahan alam tanah air.

  13. Mas wiwit, saya suka tulisannya, bagaimana saya bisa kontak anda?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: